toko alkes
 id=
Apa itu asuhan keperawatan keluarga ? dan bagaimana cara kita melakukanya ?.
pada kesempatan kali ini kita akan membahan tentang apa itu asuhan keperawatan keluarga.

asuhan keperawatan keluarga adalah suatu rangkaian kegiatan yang diberikan melalui praktek keperawatan kepada keluarga untuk membantu menyelesaikan masalah kesehatan keluarga tersebut dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan.
ada beberapa perubahan sosial yang berpengaruh terhadap keluarga, yang diantaranya adalah : pertumbuhan penduduk ( usia harapan hidup atau populasi lansia meningkat ), perubahan komposisi populasi ( ras dan suku ), perubahan ekonomi dan budaya ( krisis ekonomi dan budaya ), menurunnya ukuran rumah tangga keluarga luas ( keluarga inti ) family carer menjadi masalah, perubahan norma gender dengan pendidikan wanita / kesempatan kerja / kekuasaanya didalam keluarga.

tujuan umum dari asuhan keperawatan keluarga adalah meningkatnya kemampuan keluarga dalam mengatasi masalah kesehatan secara mandiri. sedang tujuan khusus dari asuhan keperawatan keluarga adalah meningkatnya kemampuan keluarga dalam : mengenal masalah kesehatan keluarga, memutuskan tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah kesehatan keluarga, melakukan tindakan keperawatan kesehatan kepada keluarga yang sakit mempunyai gangguan fungsi tubuh dan atau yang membutuhkan bantuan asuhan keperawatan, memelihara lingkungan ( fisik, psikis dan sosial ) sehingga dapat menunjang peningkatan kesehatan keluarga, memanfaatkan sumber daya yang ada di masyarakat misalnya : puskesmas, pustu, kartu sehat dan posyandu untuk memperoleh pelayanan kesehatan.

asuhan keperawatan keluarga memiliki prinsip yaitu : bekerjasama dengan keluarga secara kolektif, mulai sesuai dengan kemauan keluarga, sesuaikan NCP dengan tahap perkembangan keluarga, terima dan akui struktur keluarga, penekanan pada kemampuan keluarga.

sasaran dari asuhan keperawatan keluarga ini adalah keluarga - keluarga yang rawan kesehatan yaitu keluarga yang mempunyai masalah kesehatan atau yang beresiko terhadap timbulnya masalah kesehatan. untuk sasaran PERKESMAS ( keluarga rawan kesehatan ) yaitu : keluarga yang belum terjangkau pelayanan kesehatan : ibu hamil tertentu yang belum ANC, ibu nifas yang persalinanya dilakukan dukun, balita tertentu, penyakit kronis menularr yang tidak bisa di intervensi oleh program, penyakit endemis, penyakit kronis yang tidak menular, kecacatan tertentu ( mental atau fisik ). keluarga dengan resiko tinggi : ibu hamil dengan masalah gizi ( anemi, kurang energi kronis ), ibu hamil dengan resiko ( perdarahan, infeksi, hipertensi ), balita dengan BGM, neonatus dengan BBLR, usia lanjut jompo, kasus percobaan bunuh diri. keluarga dengan kasus tindak lanjut keperawatan : drop out tertentu ( ibu hamil, bayi, balita dengan keterlambatan tumbuh kembang, penyakit kronis atau endemis tertentu, kasus pasca keperawatan : kasus pasca keperawatan rujukan, kasus katarak yang dioperasi di puskesmas, persalinan dengan tindakan, kasus psikotik, kasus yang seharusnya dirujuk namun tidak melaksanakan rujukanya.
0 Responses

Poskan Komentar